Masa-Masa Indah Menjadi Kelabu

Pernah ga si kalian inget-inget masa-masa indah yang pernah terjadi terus dibanding-bandingin sama kehidupan kalian yang sekarang? well, itu yang sedang gue lakuin saat ini. Kalo menurut gue masa-masa paling indah itu pas gue TK sampai SMP itu adalah masa-masa paling indah bagi gue. 

Gue merupakan tipe orang yang hidupnya cukup teratur sejak TK. Kalo gue inget-inget rutinitas gue pas TK mulai dari bangun tidur, berangkat ke sekolah TK, pulang dari sekolah gue nonton tv dengan baju kutang sama kancut doang LOL terus sampe ketiduran dan bangun-bangun sekitar jam 3 sore. Abis itu gue mandi dan main di depan rumah sampe maghrib abis itu gue makan terus belajar sampe gue ngantuk terus tidur dan besoknya begitu lagi. Gila! ini antara hidup gue yang sangat teratur atau terlalu monoton entahlah gue gatau, tapi gue ngerasa seneng walaupun rutinitas gue gitu-gitu doang. Gue ngerasa engga ada beban dan damai.

Kalo kata nyokap gue, dari dulu gue emang pendiem dan penurut banget. Kalo nyokap gue bilang makan, gue akan makan, dia nyuruh tidur siang gue bakalan tidur siang. Nyokap gue juga mau deh punya anak sepuluh model kayak gue. Gue itu TK umur tiga tahun, kecepetan emang, tapi karena gue nya udah maksa-maksa minta sekolah akhirnya nyokap gue daftarin lah gue ke sekolah TK di deket rumah gue. Seperti anak lainnya gue TK selama dua tahun. Pas gue mau daftar SD gue disaranin sama guru TK gue buat ambil TK setahun lagi, karena umur gue waktu itu masih lima tahun dan terlalu muda buat anak SD dan takutnya juga nilai gue bakalan engga stabil alias sekalinya tinggi ya tinggi banget tapi pas nilai gue turun ya bisa jauh turunnya. 

Tapi dengan segala risiko yang ada nyokap gue memutuskan buat tetep sekolahin gue di SD Negeri deket rumah gue juga. Awalnya, gue gaditerima di SD tersebut, disuruh tahun depan aja lagi daftarnya, soalnya masih terlalu muda. Tapi nyokap gue bilang, "gimana ni bu, anak saya udah kepingin banget sekolah" .  Akhirnya dengan segala pertimbangan gue harus di test dulu buat masuk SD itu. Dan... guru gue bilang "aduuh.. Ibu anaknya TKnya dimana si  bacanya kayak anak kelas 6 SD" :")

Akhirnya gue diterima di SD tersebut, selama sekolah nyokap gue setiap hari selalu nginetin gue buat belajar belajar dan belajar. Mungkin karena doi tahu risko nya jadi dia ga ngebiarin gue kendor sedikitpun. Selama SD dari kelas 1-6 gue selalu ranking 5 besar di kelas dan nilai UN gue paling tinggi ke-2 satu sekolah. Hal tersebut membuat gue masuk SMP negeri favorite di bekasi. 

Sampai saat itu hidup gue masih indah dan damai. Gue dua bersaudara dan gue paling disayang sama kedua orang tua gue karena gue yang paling nurut jadi hampir semua apa aja yang gue pingin mereka kasih dan mereka juga jarang  banget marah ke gue. Di SD gue juga cukup populer karena katanya gue pinter dan mudah bergaul. Dengan semua itu gue udah sangat bersyukur dengan apa yang gue punya. 
Masa-masa SMP cukup indah walaupun gasemulus masa-masa TK dan SD gue. Tapi masih dalam golongan yang indah karena disitu semuanya dimulai. Mulai dari akhirnya sekolah gue jauh dari rumah yang harus naik angkutan umum alias gabisa jalan kaki. Dan disitu juga awal gue kenal cinta pertama gue yang bisa dibilang antara cinta dan bego kadang beda tipis si emang wkwkwk. Saat itu juga gue mulai mengenal dunia luar yang baru dan belum pernah gue ketahui dan awal gue begitu obsesi sama boyband. . .

Kelas gue di SMP 7.6 gue seneng banget bisa sekelas sama Gina, karena Gina itu sahabat gue dari kelas lima SD dan kebetulan kita tetanggaan jadi pas awal-awal masuk SMP kita selalu berangkat dan pulang bareng. Tapi yang gue benci adalah hari pertama masuk gue sama Gina hampir terlambat jadi kelas udah penuh dan bangku tempat duduk itu rata-rata kosong satu engga ada yang kosong dua. Akhirnya gue memutuskan tempat duduk hampir paling belakang dan pojok tembok sedangkan Gina di barisan sebelahnya. Gue dapet temen sebangku namanya Meri dia itu yang paling cantik di kelas. Kulitnya putih, matanya cokelat terang rambutnya juga rada pirang kayak orang blasteran. Awalnya gue biasa aja si sama dia tapi makin lama gue mulai gacocok sama Meri dan akhirnya gue pisah tempat duduk dan kita mulai gadeket. Gue pindah duduk bareng Gina asik banget dong.

Beberapa bulan kelas berjalan gue masih ngerasa biasa aja, temenan juga sewajarnya kecuali sama Gina gue selalu bareng sama dia mulai dari tugas kelompok, ke kantin, sampe ke kamar mandi bareng. Jadi kalo temenan sama gue ya berarti temenan sama Gina juga dan sebaliknya. Waktu itu temen sebangku Gina yang dulu SMS gue, kita memang sering SMSan karena dia temen sebangku Gina ya jadi cukup dekat antara gue dan dia namanya Risma. Dia orangnya kecil rambutnya ikal tapi otaknya pinter dia nem tertinggi di SMP gue waktu itu. Isi SMS nya kurang lebih begini "nov, lo kenal Derian ga?". Disitu dia ngebahas cowok tapi gue engga tau Derian itu siapa, terus dia ngejelasin kalo Derian itu pake kacamata dan paling tinggi di kelas dan duduknya di paling belakang. Waktu itu gue coba inget-inget, samar-samar gue tau si cuma gue kurang tau aja. Besoknya gue langsung cari tau dong orang yang duduk paling belakang, pake kacamata dan paling tinggi. Dan akhirnya gue tau Derian itu yang mana. Hari itu sorenya Risma SMS gue lagi, "taukan Derian yang mana?" . Setelah gue tau Derian itu yang mana, Risma langsung curhat ke gue dia bilang "Pi gue suka sama Derian  tapi dia jutek banget sama gue, kalo gue SMS alesannya mau tidur siang, tapi di twitter dia ngetweet. SMS gue juga jarang dibales. tolong dong nov, lo coba deh SMS Derian dibales atau engga. Nih gue kasih nomornya 08xxxxxxxxxx". Pas Risma bilang kayak gitu kaget dong gue, mau bilang apa coba gue ke Derian.

Setelah gue pikir-pikir akhirnya gue SMS Derian "Hai, ini Derian ya?" Dan kalian tau? SMS gue langsung dibales... hal pertama yang gue lakuin adalah SMS ke Risma bilang kalo Derian bales SMS gue. Dan gue disuruh buat introgasi Derian dan nanyain gimana perasaan dia ke Risma. Sumpah.. gue gaabis pikir dulu gue sebego itu, i mean why would i do that? 

Tapi yang namanya takdir kita ga pernah tau, justru dari situlah semuanya dimulai.. Akhirnya gue memutuskan buat bales SMS Derian. Tapi gue ga langsung nanya-nanya tentang Risma ke dia karena gue sadar bakalan aneh banget dan gue juga belum tau Derian orang yang kayak gimana waktu itu. Setelah beberapa minggu, gue masih SMSan sama Derian bahkan gue sampe kebawa suasana dan lupa sama tujuan awal gue. Kalo aja Risma engga SMS gue nanyain apa jawaban dari Derian, gue mungkin gapernah inget tujuan gue. Lebih nekat, ternyata Risma suruh gue bilang ke Derian kalo dia suka sama Derian tapi si Derian terlalu cuek sama Risma. Ini yang suka siapa bebannya disiapa ya hmm… 

Gue bilang ke Derian gini “Risma suka sama lo tau, kata dia lo jutek banget”. Dan Derian bales “iya gue tau kok, tapi kita beda agama gue engga mau”. Setelah baca balesan dari Derian bikin gue makin sakit kepala. Mampuslah gimana gue bilangnya? Akhirnya setelah gue menyusun kata-kata gue bilang ke Risma apa adanya. Tapi kali ini gue bilang langsung bukan lewat SMS dan Alhamdulillah Risma bisa ngerti dan engga marah ke gue maupun ke Derian. Dia malah cerita kalo hal ini sebelumnya juga pernah terjadi sama dia. Dan setelah kejadian itu gue sama Risma udah ga deket lagi, gapernah SMS gue lagi. Gue ga mempermasalahkan itu si, dari awal juga gue ga terlalu deket sama dia. 

Tapi guys, hubungan gue dan Derian semakin dekat. Semakin banyak yang kita bahas mulai dari hal gapenting sampe hal pelajaran. Semakin hari gue jadi semakin kenal Derian gimana orangnya, dia itu beda banget di social media sama di kehidupan aslinya. Kalo di social media Derian gaul abis, dia tau banyak hal dunia luar yang jujur gue sendiri engga tau waktu itu. Dia bisa dibilang seorang gamers dan suka sama perkembangan teknologi, bahasa inggrisnya juga jago banget bikin gue merasa ciut yang gatau apa-apa dan bahasa inggris gue yang biasa-biasa aja. Tapi kalo di kehidupan aslinya di kelas dia cupu abis. Tampangnya ya guys, dia pake kacamata kurus tinggi udah gitu pendiem, ya kalian pasti kebayang Derian kayak gimana. Lucunya, gue sama Derian Cuma dekat di SMS atau social media, di kelas? Gue ga pernah ngomong sama dia! Hubungan macam apa itu?

Semakin hari gue semakin suka sama Derian, gue mulai sadar dan mengakui kalo gue suka sama dia. Gue cerita ke Gina kalo gue suka sama Derian dan gue juga cerita ke Wati (teman sebangku gue yang baru setelah Gina) kalo gue suka sama Derian. Setiap hari gue curhat terus ke Wati kalo gue suka sama Derian, kalo semalem gue abis SMS apa aja sama dia, ngomongin apa aja. Sampe akhirnya, seluruh anak kelas termasuk Derian tau kalo gue suka sama dia. Tamatlah hidup gue di kelas waktu itu.

Setelah Derian tau gue suka sama dia semuanya berubah kecuali perasaan gue ke dia yang gaberubah malah semakin suka. Dia ga pernah SMS gue lagi, selalu gue yang mulai dan itu dibales singkat-singkat sama dia. Gue mulai galau uring-uringan. Gue curhat ke Wati tentang itu. Wati bilang kalo lo bener-bener suka perjuangin lah. Kata-kata Wati ada benernya juga, tapi waktu itu gue sama sekali engga punya nyali buat perjuangin Derian akhirnya gue memutuskan buat tetep suka diem-diem. Gue cuma bisa berharap dan berdo’a ada keajaiban yang bikin Derian juga suka sama gue.

Beberapa bulan setelah kejadian itu keajaiban datang, gue pikir kayaknya do’a gue terkabul. Derian SMS gue!! Isinya dia nanyain jadwal pelajaran buat besok. Rada aneh sih.. gue tau mungkin itu cuma basa-basinya dia aja tapi bodoamat gue udah terlanjur seneng banget Derian SMS gue duluan. Semenjak SMS itu, hubungan gue dan Derian balik lagi kayak dulu malah bisa gue bilang semakin dekat. Derian udah tau perasaan gue ke dia, dia jadi sering ngegoda gue dan bikin gue salah tingkah terus. Semakin hari gue semakin suka dan semakin berharap. Karena gue udah ngerasa tanda-tanda Derian bakalan jadi pacar gue, sebentar lagi.

Dua minggu kurang lebih kedekatan gue berlangsung, sampai tiba-tiba Derian menghilang. Dia ga bales SMS gue dan ga pernah SMS gue lagi. Rasanya pingin gue tanyain langsung di kelas tapi gue engga pernah berani. Buat tatap matanya aja gue gabisa lebih dari satu detik karena gue udah lemes duluan. Dua hari setelahnya gue dapet kabar kalau Derian jadian sama anak kelas sebelah. Disitu rasanya gue ingin berkata-kata kasar dan nangis meraung-raung, lol. Setelah dia kasih harapan ke gue terus dia dengan seenak jidat jadian sama perempuan lain. Seharian itu gue ga berhenti-berhenti maki-maki Derian dalam hati gue. Sampe rumah gue langsung nangis. Sumpah gue benci banget sama cewek kelas sebelah namanya Azza (pacar Derian). Gue jadi membanding-bandingkan antara gue dan dia. Karena waktu itu berat banget buat gue yang udah terlanjur suka, sayang dan berharap sama Derian tapi gue harus menerima kenyataan pahit kalau dia jadian sama orang lain. 

Satu hal yang ada dibenak gue, kok bisa? Dua minggu terakhir kita deket banget loh. Setelah beberapa hari gue mulai bisa menerima kalau Derian udah jadian sama cewek lain. Tapi gue belum bisa move on. Sampai pergantian tahun gue naik kelas 2 SMP. Gue, Derian, Gina, dan Wati kita engga ada yang sekelas. Gue sedikit bersyukur gue ga sekelas sama Derian mungkin dari situ gue bakalan bisa move on dari dia karena gabakal ketemu dia terus.

Puncak kebahagiaan gue memang di kelas 2 SMP ini karena gue menemukan orang-orang baru, orang-orang yang bikin gue ngelupain Derian sejenak walaupun jujur gue masih belum bisa move on karena sejak Derian jadian gue bertekad bakalan nungguin dia sampe putus. Hadirnya orang-orang ini membantu gue meringankan beban pikiran gue ke Derian mereka adalah Nada, Kencana, dan Firda. Nada adalah teman sebangku gue di kelas 2 SMP sedangkan Kencana dan Firda sebelumnya mereka satu kelas bersama Nada dan kebetulan mereka sudah dekat. Kalau Firda dia adalah teman SD gue dan kebetulan tetanggan juga sama gue. 

Kelas gue dan Firda itu depan-depanan, Cuma kelasnya si Kencana ini paling jauh di antara kelas kita. Setiap jam istirahat atau jam kosong Kencana selalu menghampiri ke kelas gue dan Nada. Dari mereka gue diperkenalkan boyband One Direction. Sebelum mereka kasih tau, sebenernya gue pernah denger One Direction cuma gue biasa aja gitu. Tapi karena Nada kan Kencana directioners dan setiap Kencana dateng ke kelas gue sama Nada mereka selalu membahas One Direction, mau ga mau gue ikut-ikutan kan guys. Tiap hari gue dicekokkin sama hal-hal tentang One Direction. Sampai waktu itu 1D baru ngeluarin album keduanya Take Me Home gue disuruh Nada buat download-in lagu-lagu mereka. Akhirnya gue dengerin yang judulnya Live While We're Young dan gue jatuh cinta pada pendengaran pertama dibagian “yeah.. we’ll be doing what we do just pretending that we’re cool, so tonight,” dan itu part bagian Niall Horan. Sejak saat itu gue bener-bener jatuh cinta sama Niall Horan. Dia jadi member favorite gue, sedangkan Harry Styles favoritenya Nada, dan Zayn Malik favoritenya Kencana. 

Sejak gue jadi fans One Direction hidup gue semakin berwarna penuh dengan tawa antara gue, Nada, dan Kencana. Kita jadi sering lupa waktu kalau lagi kumpul terus ngebahas mereka. Kira-kira di kelas 2 SMP 85% gue ngurusin One Direction sisnya gue pake buat belajar hahaha. Makanya di kelas 2 SMP gue ranking 12:'). Ohya, perasaan gue ke Derian masih ada tapi bedanya gue ga galau mikirin. Gue lebih ke diam nunggu aja sampai waktunya tepat. Tanpa terasa waktu di kelas 2 hampir berakhir. Tapi gue bersyukur karena pada saat itu lebih banyak tawanya dari pada sedih. 

Di kelas 3 SMP gue terkejut dan sedikit terguncang. Yang pertama, kelasnya diacak lagi artinya gue engga sekelas dan sebangku lagi sama Nada. Dan yang kedua ini masalah terbesarnya. Kelas 3 kembali kayak di kelas 1. Artinya gue sekelas lagi sama Derian:). Saat itu gue belum sepenuhnya move on. Gue masih ga berani natap dia, dan jantung gue masih deg-degan tiap papas an sama dia. Disitu gue sadar kalo gue harus jadi dewasa dan gue berusaha buat ‘biasa aja’ ke Derian. Dan berusaha melupakan kejadian-kejadian di kelas 1.

Kali ini gue satu bangku lagi sama Gina. Dia masih heran kenapa gue demen banget sama Derian. Dua tahun lebih gue kayak orang bego nungguin dia tapi tanpa berbuat apa-apa. Dan gue cuma bisa bereaksi hehehe gue harap gue gapernah ketemu Derian. Kelas 3 berjalan apa adanya, lebih sepi kalo dibandingin pas kelas 2. Karena engga ada Nada di kelas dan Kencana pas jam kosong. Akhirnya sekarang gue ngerasain di posisi Kencana waktu dia kelas 2 SMP. Nyamperin temen setiap jam kosong dan istirahat. Ohiya, semenjak kejadian di kelas 1, pas balik lagi di kelas 3 gue ngerasa ga nyaman banget di kelas. Jadi intinya gue di kelas buat belajar doang. Engga ada bercanda dan bicara seperlunya. 

Hingga suatu saat mengejutkan gue. Wati, temen sebangku gue di kelas 1, tempat gue curhat tentang Derian, dan orang yang menyuruh gue buat perjuangin Derian tiba-tiba dateng ke gue dan nanyain gimana perasaan gue ke Derian. Terus jawaban gue masih sama, kalo gue belum bisa move on. Dan Wati bilang “gue suka sama Derian, kalo lo udah ga suka gue mau perjuangin dia” setelah Wati bilang gitu gue langsung tinggalin dia dan keluar dari kelas itu. Gue bersyukur waktu itu lagi jam kosong. Sumpah gue sakit banget waktu itu. Melebihi pas gue tau Derian jadian sama perempuan lain. Sebenernya setelah gue pikir-pikir, gue juga engga punya hak buat kayak gini ke Wati karen toh gue bukan siapa-siapanya Derian dan Wati juga jujur ke gue tentang perasaannya. Cuma waktu itu gue semakin ngerasa dikhianattin aja. Udah cukup Derian yang ngecewain gue sekali, pas gue tau Wati ngelakuin hal yang sama gue semakin muak dengan kelas ini. Rasanya gue pingin cepet-cepet lulus dan ga ketemu mereka semua. 

Hubungan gue daan Wati bener-bener renggang. Gue jadi semakin pendiam di kelas. Gue berusaha buat gaterlihat di kelas. Jadi satu-satunya tempat pelarian gue waktu itu cuma kelasnya Nada dan Kencana. Baru datang pun gue langsung ke kelas mereka bukan ke kelas gue. Pas gue liat guru masuk kelas barulah gue masuk ke kelas gue. dan ketika guru keluar kelas gue juga jadi murid pertama yang tinggalin kelas itu. Semakin gue menjauh gue denger kabar dari Gina kalo Wati semakin dekat sama Derian. Bahkan kalo dulu yang dicengin sama anak sekelas itu selalu gue – Opi-Derian – sekarang udah bukan nama itu lagi. Tapi jadi Wati-Derian. makin gabetah aja gue di kelas. Kurang lebih dua bulan kemudian gue dapet kabar, gue inget banget waktu itu lagi di supermarket, kalo Wati dan Derian jadian. BOOM!

Padahal waktu itu gue dapet kabar Derian putus sama Azza bikin gue ada harapan baru. Tapi sekarang, harapan baru gue harus kandas lagi. Satu hal yang ada dipikiran gue waktu itu. Kalo gue bodoh banget. Jujur gue juga udah malu di kelas karena gue suka sama Derian udah lama banget tapi gapernah jadian. Kesannya Derian bener-bener gasuka sama gue padahal dia tau perasaan gue gimana. Dan temen-temen kelas gue yang lain juga ga peduli sama kehadiran gue. dan yang paling puncaknya di akhri semester Gina harus pindah sekolah. Akhirnya gue jadi duduk sama Elisa anak paling freak di kelas. Tapi waktu itu gue gapeduli, justru gue ngerasa cuma dia yang paling cocok sama gue disaat yang lain cuek ke gue dan gue pun bukan tipikal orang yang begging for attention. Kalo mereka cuek ya gamasalah buat gue toh  bagi gue temen gue cuma Nada, Kencana, dan Firda mereka udah lebih dari cukup buat gue.

Akhirnya gue memutuskan buat, yaudah di kelas cuma buat belajar. Gue mulai bisa menerima dan ga peduli sama masalah di kelas. Setelah gue pikir-pikir mungkin ini karma buat gue. dari awal tujuan gue cuma buat Risma tapi gue malah terbawa suasana. Mungkin ini yang dirasain Risma pas tau kalo gue suka sama Derian. dan mungkin ini juga yang dirasain Risma pas anak-anak ngegodain ‘Opi – Derian’. yah.. mungkin itu akhir yang gue dapatkan. Sangat tidak adil kalau gue jadian sama Derian. Jadi gue memutuskan buat buka lembaran baru pas di SMA nanti. Dan hubungan gue sama Wati juga semakin membaik. Perasaan gue ke Derian juga semakin lama semakin terkikis. 

Nah! itu adalah perjalanan gue di SMP. Pas di SMA? Gue bakalan post di blog gue selanjutnya, see you guys soon xoxo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi 0.1 – Cinta Sejati

secret love